Tentang STAISPA

Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032


Profil STAISPA

Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) merupakan sebuah lembaga/institusi perguruan tinggi di bawah Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) dimana PPSPA merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975. Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan program pendidikan/lembaga seperti: Program Tahfidz Al-Qur’an, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sunan Pandanaran, Raudlatul Athfal (RA) Sunan Pandanaran,Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Pandanaran, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Pandanaran, Madrasah Aliyah (MA) Sunan Pandanaran, Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sunan Pandanaran, Program Santri Mandiri, Pesantren Mahasiswa dan Mahasiswi, Majelis Ta’lim Al-Jauharoh, Yayasan Bimbingan Haji (YBH) Sunan Pandanaran, BMT Sunan Pandanaran, Jam’iyyah Muballighin Sunan Pandanaran (Jamuspa). Adapun beberapa pesantren cabang di bawah Yayasan PP. Sunan Pandanaran adalah: PP. Al-Jauhar, Semin, Gunung Kidul (yang membuka RA. Al-Jauhar, MI. Al-Jauhar, MTs. Al-Jauhar, MA. AlJauhar). PP. Hajar Aswad, Ngawen, Gunung Kidul, PP. Al-Baedlowi, Godekan, Srandakan, Bantul, (membuka Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Program Tahfidz al-Qur’an Putra), Komplek Darurriyadloh, Bayat, Klaten, Jawa Tengah (Program Tahfidz al-Qur’an Putri). PPSPA berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten). Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran. Pendirian STAI Sunan Pandanaran telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAI Sunan Pandanaran, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAI Sunan Pandanaran menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA memiliki program studi jenjang Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Tasawuf, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Guru Madrasarah Ibtidaiyah, dan Pendidikan bahasa Arab. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA memiliki beberapa lembaga penunjang kualitas pendidikan seperti Pusat Studi Bahasa dan Turots yang bertanggung jawab dalam terhadap peningkatan kualitas bahasa dan penguasaan kitab kuning mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan penelitian di lingkungan STAISPA. Selain itu, Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang bertanggungjawab dalam pengembangan dan pengembangan masyarakat bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.

Struktur Organisasi STAISPA

Struktur

Sambutan Ketua STAISPA

...
Dr. KH. Sukamta, M.A.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين. والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala karuniaNya, lahir maupun batin. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya, sampai akhir zaman. Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) didirikan pada tahun 2012 di Dusun Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, kota budaya dan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kami memperbaiki diri baik secara kualitas pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kenyamanan di dalam kampus ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan yang kondusif. Dengan lima program studi, perpustakaan, beberapa lembaga pembantu, dan pusat studi menambah gairah akademis bagi civitas akademikanya. STAISPA adalah perguruan tinggi yang berada di dalam Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Oleh karenanya, kami memiliki identitas yang unik antara kritisisme ala kampus dan akhlakul karimah ala pesantren. Hal ini memberikan kesempatan kepada santri untuk memperkaya ilmu pengetahuan ala kampus, dan mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan warisan kekayaan pesantren. Bila menilik pada logo STAISPA, kata-kata خادم العلم – خادم الأمة dimaksudkan adanya harapan dan do’a agar para lulusannya nanti siap untuk berkhidmah, menekuni, memperdalam, dan mengembangkan ilmu sesuai bidangnya masing-masing, untuk kemaslahatan ummat di manapun nanti ia tinggal bersamanya. Informasi lebih lanjut terkait STAISPA akan kami sampaikan melalui pengumuman baik secara langsung maupun memanfaatkan berbagai media. Tetapi informasi terbaru dan terlengkap dapat dilihat melalui website kami ini.

وبالله التوفيق والهداية والرضا والعناية، والله الموفق إلى أقوم الطريق

VISI dan MISI

Visi

“Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032”.

Misi

  1. Mensinergikan keunggulan akademik, nilai-nilai al-Qur’an, dan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan. Menghasilkan penelitian-penelitian strategis untuk memajukan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  2. Menyelenggarakan penelitian strategis yang mendorong perkembangan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  3. Menjalankan pengabdian masyarakat untuk kemajuan paham ahlus sunnah wal jama’ah, melahirkan kader penggerak masyarakat, dan memajukan nilai nilai sosial-kemanusiaan.

Statistika STAISPA

Jumlah Seluruh Mahasiswa STAISPA

898

Mahasiswa

01

Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

264 Mahasiswa

02

Ilmu Tasawuf

135 Mahasiswa

03

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

226 Mahasiswa

04

Pendidikan Bahasa Arab

136 Mahasiswa

05

Komunikasi dan Penyiaran Islam

147 Mahasiswa

Fasilitas STAISPA

...
Ruang kelas yang representatif
...
Lingkungan yang kondusif
...
Asrama
...
Beasiswa prestasi dan tahfidz
...
Perpustakaan
...
Ruang Podcast
...
Kelas intensif Bahasa Inggris dan Arab
...
Kegiatan intra dan ekstra kampus
...
Pembelajaran Turots
...
Wifi
Tentang STAISPA

Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032


Profil STAISPA

Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) merupakan sebuah lembaga/institusi perguruan tinggi di bawah Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) dimana PPSPA merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975.

Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan program pendidikan/lembaga seperti: Program Tahfidz Al-Qur’an, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sunan Pandanaran, Raudlatul Athfal (RA) Sunan Pandanaran,Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Pandanaran, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Pandanaran, Madrasah Aliyah (MA) Sunan Pandanaran, Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sunan Pandanaran, Program Santri Mandiri, Pesantren Mahasiswa dan Mahasiswi, Majelis Ta’lim Al-Jauharoh, Yayasan Bimbingan Haji (YBH) Sunan Pandanaran, BMT Sunan Pandanaran, Jam’iyyah Muballighin Sunan Pandanaran (Jamuspa).

Adapun beberapa pesantren cabang di bawah Yayasan PP. Sunan Pandanaran adalah: PP. Al-Jauhar, Semin, Gunung Kidul (yang membuka RA. Al-Jauhar, MI. Al-Jauhar, MTs. Al-Jauhar, MA. AlJauhar). PP. Hajar Aswad, Ngawen, Gunung Kidul, PP. Al-Baedlowi, Godekan, Srandakan, Bantul, (membuka Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Program Tahfidz al-Qur’an Putra), Komplek Darurriyadloh, Bayat, Klaten, Jawa Tengah (Program Tahfidz al-Qur’an Putri).

PPSPA berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten). Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran. Pendirian STAI Sunan Pandanaran telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAI Sunan Pandanaran, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAI Sunan Pandanaran menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA memiliki program studi jenjang Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Tasawuf, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Guru Madrasarah Ibtidaiyah, dan Pendidikan bahasa Arab. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA memiliki beberapa lembaga penunjang kualitas pendidikan seperti Pusat Studi Bahasa dan Turots yang bertanggung jawab dalam terhadap peningkatan kualitas bahasa dan penguasaan kitab kuning mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan penelitian di lingkungan STAISPA. Selain itu, Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang bertanggungjawab dalam pengembangan dan pengembangan masyarakat bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.


Struktur Organisasi STAISPA

Struktur

...
Dr. KH. Sukamta, M.A.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

Sambutan Ketua STAISPA

الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين. والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala karuniaNya, lahir maupun batin. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya, sampai akhir zaman. Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) didirikan pada tahun 2012 di Dusun Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, kota budaya dan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kami memperbaiki diri baik secara kualitas pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kenyamanan di dalam kampus ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan yang kondusif. Dengan lima program studi, perpustakaan, beberapa lembaga pembantu, dan pusat studi menambah gairah akademis bagi civitas akademikanya. STAISPA adalah perguruan tinggi yang berada di dalam Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Oleh karenanya, kami memiliki identitas yang unik antara kritisisme ala kampus dan akhlakul karimah ala pesantren. Hal ini memberikan kesempatan kepada santri untuk memperkaya ilmu pengetahuan ala kampus, dan mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan warisan kekayaan pesantren. Bila menilik pada logo STAISPA, kata-kata خادم العلم – خادم الأمة dimaksudkan adanya harapan dan do’a agar para lulusannya nanti siap untuk berkhidmah, menekuni, memperdalam, dan mengembangkan ilmu sesuai bidangnya masing-masing, untuk kemaslahatan ummat di manapun nanti ia tinggal bersamanya. Informasi lebih lanjut terkait STAISPA akan kami sampaikan melalui pengumuman baik secara langsung maupun memanfaatkan berbagai media. Tetapi informasi terbaru dan terlengkap dapat dilihat melalui website kami ini.

وبالله التوفيق والهداية والرضا والعناية، والله الموفق إلى أقوم الطريق


VISI dan MISI

Visi

“Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032”.

Misi

  1. Mensinergikan keunggulan akademik, nilai-nilai al-Qur’an, dan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan. Menghasilkan penelitian-penelitian strategis untuk memajukan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  2. Menyelenggarakan penelitian strategis yang mendorong perkembangan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  3. Menjalankan pengabdian masyarakat untuk kemajuan paham ahlus sunnah wal jama’ah, melahirkan kader penggerak masyarakat, dan memajukan nilai nilai sosial-kemanusiaan.

Statistika STAISPA

Jumlah Seluruh Mahasiswa STAISPA

898

Mahasiswa

Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 264 Mahasiswa

Ilmu Tasawuf 135 Mahasiswa

PGMI 226 Mahasiswa

Pendidikan Bahasa Arab 136 Mahasiswa

Komunikasi dan Penyiaran Islam 147 Mahasiswa


Fasilitas STAISPA

...
Ruang kelas yang representatif
...
Lingkungan yang kondusif
...
Perpustakaan
...
Ruang Podcast
...
Pembelajaran Turots
...
Asrama
...
Beasiswa prestasi dan tahfidz
...
Kelas intensif Bahasa Inggris dan Arab
...
Kegiatan intra dan ekstra kampus
...
WiFi
Tentang STAISPA

Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032


Profil STAISPA

Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) merupakan sebuah lembaga/institusi perguruan tinggi di bawah Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) dimana PPSPA merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975. Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan program pendidikan/lembaga seperti: Program Tahfidz Al-Qur’an, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sunan Pandanaran, Raudlatul Athfal (RA) Sunan Pandanaran,Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Pandanaran, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Pandanaran, Madrasah Aliyah (MA) Sunan Pandanaran, Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sunan Pandanaran, Program Santri Mandiri, Pesantren Mahasiswa dan Mahasiswi, Majelis Ta’lim Al-Jauharoh, Yayasan Bimbingan Haji (YBH) Sunan Pandanaran, BMT Sunan Pandanaran, Jam’iyyah Muballighin Sunan Pandanaran (Jamuspa). Adapun beberapa pesantren cabang di bawah Yayasan PP. Sunan Pandanaran adalah: PP. Al-Jauhar, Semin, Gunung Kidul (yang membuka RA. Al-Jauhar, MI. Al-Jauhar, MTs. Al-Jauhar, MA. AlJauhar). PP. Hajar Aswad, Ngawen, Gunung Kidul, PP. Al-Baedlowi, Godekan, Srandakan, Bantul, (membuka Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Program Tahfidz al-Qur’an Putra), Komplek Darurriyadloh, Bayat, Klaten, Jawa Tengah (Program Tahfidz al-Qur’an Putri). PPSPA berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten). Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran. Pendirian STAI Sunan Pandanaran telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAI Sunan Pandanaran, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAI Sunan Pandanaran menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA memiliki program studi jenjang Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Tasawuf, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Guru Madrasarah Ibtidaiyah, dan Pendidikan bahasa Arab. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA memiliki beberapa lembaga penunjang kualitas pendidikan seperti Pusat Studi Bahasa dan Turots yang bertanggung jawab dalam terhadap peningkatan kualitas bahasa dan penguasaan kitab kuning mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan penelitian di lingkungan STAISPA. Selain itu, Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang bertanggungjawab dalam pengembangan dan pengembangan masyarakat bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.

Struktur Organisasi STAISPA

Struktur

Sambutan Ketua STAISPA

...
Dr. KH. Sukamta, M.A.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين. والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala karuniaNya, lahir maupun batin. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya, sampai akhir zaman. Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) didirikan pada tahun 2012 di Dusun Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, kota budaya dan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kami memperbaiki diri baik secara kualitas pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kenyamanan di dalam kampus ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan yang kondusif. Dengan lima program studi, perpustakaan, beberapa lembaga pembantu, dan pusat studi menambah gairah akademis bagi civitas akademikanya. STAISPA adalah perguruan tinggi yang berada di dalam Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Oleh karenanya, kami memiliki identitas yang unik antara kritisisme ala kampus dan akhlakul karimah ala pesantren. Hal ini memberikan kesempatan kepada santri untuk memperkaya ilmu pengetahuan ala kampus, dan mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan warisan kekayaan pesantren. Bila menilik pada logo STAISPA, kata-kata خادم العلم – خادم الأمة dimaksudkan adanya harapan dan do’a agar para lulusannya nanti siap untuk berkhidmah, menekuni, memperdalam, dan mengembangkan ilmu sesuai bidangnya masing-masing, untuk kemaslahatan ummat di manapun nanti ia tinggal bersamanya. Informasi lebih lanjut terkait STAISPA akan kami sampaikan melalui pengumuman baik secara langsung maupun memanfaatkan berbagai media. Tetapi informasi terbaru dan terlengkap dapat dilihat melalui website kami ini.

وبالله التوفيق والهداية والرضا والعناية، والله الموفق إلى أقوم الطريق

VISI dan MISI

Visi

“Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032”.

Misi

  1. Mensinergikan keunggulan akademik, nilai-nilai al-Qur’an, dan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan. Menghasilkan penelitian-penelitian strategis untuk memajukan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  2. Menyelenggarakan penelitian strategis yang mendorong perkembangan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  3. Menjalankan pengabdian masyarakat untuk kemajuan paham ahlus sunnah wal jama’ah, melahirkan kader penggerak masyarakat, dan memajukan nilai nilai sosial-kemanusiaan.

Statistika STAISPA

Jumlah Seluruh Mahasiswa STAISPA

898

Mahasiswa

01

Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

264 Mahasiswa

02

Ilmu Tasawuf

135 Mahasiswa

03

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

226 Mahasiswa

04

Pendidikan Bahasa Arab

136 Mahasiswa

05

Komunikasi dan Penyiaran Islam

147 Mahasiswa

Fasilitas STAISPA

...
Ruang kelas yang representatif
...
Lingkungan yang kondusif
...
Asrama
...
Beasiswa prestasi dan tahfidz
...
Perpustakaan
...
Ruang Podcast
...
Kelas intensif Bahasa Inggris dan Arab
...
Kegiatan intra dan ekstra kampus
...
Pembelajaran Turots
...
Wifi
Tentang STAISPA

Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032


Profil STAISPA

Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) merupakan sebuah lembaga/institusi perguruan tinggi di bawah Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) dimana PPSPA merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang terus berkembang sejak berdiri pada tahun 1975.

Selain mengelola pendidikan huffadz dan mengembangkan berbagai kegiatan keagamaan, PPSPA juga menyelenggarakan program pendidikan/lembaga seperti: Program Tahfidz Al-Qur’an, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sunan Pandanaran, Raudlatul Athfal (RA) Sunan Pandanaran,Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sunan Pandanaran, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Pandanaran, Madrasah Aliyah (MA) Sunan Pandanaran, Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sunan Pandanaran, Program Santri Mandiri, Pesantren Mahasiswa dan Mahasiswi, Majelis Ta’lim Al-Jauharoh, Yayasan Bimbingan Haji (YBH) Sunan Pandanaran, BMT Sunan Pandanaran, Jam’iyyah Muballighin Sunan Pandanaran (Jamuspa).

Adapun beberapa pesantren cabang di bawah Yayasan PP. Sunan Pandanaran adalah: PP. Al-Jauhar, Semin, Gunung Kidul (yang membuka RA. Al-Jauhar, MI. Al-Jauhar, MTs. Al-Jauhar, MA. AlJauhar). PP. Hajar Aswad, Ngawen, Gunung Kidul, PP. Al-Baedlowi, Godekan, Srandakan, Bantul, (membuka Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Program Tahfidz al-Qur’an Putra), Komplek Darurriyadloh, Bayat, Klaten, Jawa Tengah (Program Tahfidz al-Qur’an Putri).

PPSPA berpedoman pada paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengedepankan sikap tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (egaliter), dan i’tidal (lurus/konsisten). Guna melaksanakan pendidikan agama yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam menyikapi kebutuhan yang kian dirasakan oleh alumni pesantren dan masyarakat luas pada umumnya mengenai tersedianya pendidikan tinggi yang berkualitas, memiliki keberpihakan pada transformasi sosial yang ber-akhlaqul karimah, serta dengan biaya yang terjangkau, maka PPSPA mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran. Pendirian STAI Sunan Pandanaran telah mendapatkan ijin resmi dari Dirjen Pendidikan Kementrian Agama RI melalui SK No. DJ.I/149/2012. Pengelolaan STAI Sunan Pandanaran, dengan dukungan dan dari doa masyarakat luas, berupaya dan berharap STAI Sunan Pandanaran menjadi salah satu center of excellent pendidikan tinggi dalam bidang studi Islam dari lingkungan pesantren Indonesia.

STAISPA memiliki program studi jenjang Strata 1 yang terdiri dari lima program studi yakni, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Tasawuf, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Guru Madrasarah Ibtidaiyah, dan Pendidikan bahasa Arab. Sejak didirikan, minat dan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di STAISPA semakin meningkat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang masuk semakin banyak. STAISPA memiliki beberapa lembaga penunjang kualitas pendidikan seperti Pusat Studi Bahasa dan Turots yang bertanggung jawab dalam terhadap peningkatan kualitas bahasa dan penguasaan kitab kuning mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan penelitian di lingkungan STAISPA. Selain itu, Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang bertanggungjawab dalam pengembangan dan pengembangan masyarakat bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.


Struktur Organisasi STAISPA

Struktur

...
Dr. KH. Sukamta, M.A.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

Sambutan Ketua STAISPA

الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين. والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala karuniaNya, lahir maupun batin. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya, sampai akhir zaman. Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) didirikan pada tahun 2012 di Dusun Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, kota budaya dan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kami memperbaiki diri baik secara kualitas pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kenyamanan di dalam kampus ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan yang kondusif. Dengan lima program studi, perpustakaan, beberapa lembaga pembantu, dan pusat studi menambah gairah akademis bagi civitas akademikanya. STAISPA adalah perguruan tinggi yang berada di dalam Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Oleh karenanya, kami memiliki identitas yang unik antara kritisisme ala kampus dan akhlakul karimah ala pesantren. Hal ini memberikan kesempatan kepada santri untuk memperkaya ilmu pengetahuan ala kampus, dan mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan warisan kekayaan pesantren. Bila menilik pada logo STAISPA, kata-kata خادم العلم – خادم الأمة dimaksudkan adanya harapan dan do’a agar para lulusannya nanti siap untuk berkhidmah, menekuni, memperdalam, dan mengembangkan ilmu sesuai bidangnya masing-masing, untuk kemaslahatan ummat di manapun nanti ia tinggal bersamanya. Informasi lebih lanjut terkait STAISPA akan kami sampaikan melalui pengumuman baik secara langsung maupun memanfaatkan berbagai media. Tetapi informasi terbaru dan terlengkap dapat dilihat melalui website kami ini.

وبالله التوفيق والهداية والرضا والعناية، والله الموفق إلى أقوم الطريق


VISI dan MISI

Visi

“Pendidikan tinggi di pesantren yang unggul, mandiri, dan peduli dalam mensinergikan keilmuan dan kemasyarakatan pada tahun 2032”.

Misi

  1. Mensinergikan keunggulan akademik, nilai-nilai al-Qur’an, dan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan. Menghasilkan penelitian-penelitian strategis untuk memajukan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  2. Menyelenggarakan penelitian strategis yang mendorong perkembangan ilmu-ilmu kepesantrenan.
  3. Menjalankan pengabdian masyarakat untuk kemajuan paham ahlus sunnah wal jama’ah, melahirkan kader penggerak masyarakat, dan memajukan nilai nilai sosial-kemanusiaan.

Statistika STAISPA

Jumlah Seluruh Mahasiswa STAISPA

898

Mahasiswa

Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 264 Mahasiswa

Ilmu Tasawuf 135 Mahasiswa

PGMI 226 Mahasiswa

Pendidikan Bahasa Arab 136 Mahasiswa

Komunikasi dan Penyiaran Islam 147 Mahasiswa


Fasilitas STAISPA

...
Ruang kelas yang representatif
...
Lingkungan yang kondusif
...
Perpustakaan
...
Ruang Podcast
...
Pembelajaran Turots
...
Asrama
...
Beasiswa prestasi dan tahfidz
...
Kelas intensif Bahasa Inggris dan Arab
...
Kegiatan intra dan ekstra kampus
...
WiFi